Wednesday, June 25, 2014

Test Post : Kelebihan dan Kekurangan Motor Injeksi

Kelebihan dan Kekurangan Motor Injeksi 

Pasti diantara kalian ada yang bertanya
Kelebihan dan kekurangan Motor injeksi apa si?? Produsen motor pastinya berlomba untuk memberikan yang terbaik untuk para konsumen sehingga dapat menguasai pasar motor tanah air. Dari yang hanya menambahkan fitur fitur, hingga merubah teknologi dari motornya. Salah satunya juga sudah mulai banyak berdatangan motor-motor dengan mengusung sistem bahan injeksi yang sedang menjadi trend di Indonesia.

Sebagai contoh dua perusahaan motor terbesar di Indonesia yaitu Honda dan Yamaha. Sudah banyak motor yang dipasarkan oleh kedua perusahaan ini seperti yang kita kenal dengan YMJET-FI untuk Yamaha dan PGM-FI untuk Honda dan injeksi motor vixion.

Namun apa sebenarnya Kelebihan dan kekurangan Motor injeksi ??

> Kelebihan Motor Injeksi ( Fuel Injection )

1.Mesin mudah dihidupkan tanpa dipengaruhi perubahan kondisi cuaca Ramah Lingkungan : Karena campuran bahan bakar dan udara yang bagus, sehingga menghasilkan pembakaran yang sempurna, tentu emisi gas buang yang dihasilkan relatif lebih sedikit.
2.Bahan bakar lebih hemat : Campuran udara dan bahan bakar lebih akurat, sehingga bahan bakar lebih efesien dan hemat.
3.Tarikan Lebih Responsif : Karena letak injektor lebih dekat dengan ruang bakar dan tekanan bahan bakar yang dikeluarkan injektor mencapai 2,5 kg s/d 3,0 kg/cm2, lebih tinggi dari tekanan entek manifol.
4.Perawatan Lebih Mudah : sistem Injeksi rentan waktunya lebih lama sekitar 10.000 ribu sampai 12.000 ribu km, itupun cukup dibersihkan dengan injektor cleaner, dan tergantung pada bahan bakar yang di pakai.

> Kekurangan Motor Injeksi ( Fuel Injection )

1.Perawatan Harus di Bengkel Khusus Resmi
2.Modifikasi lebih mahal
3.Harga sparepart lebih mahal
4.Lebih sensitif soal kelistrikan
5.Sensitif terhadap kualitas bahan bakar

Demikian tentang Kelebihan dan
kekurangan Motor injeksi. Semoga bermanfaat bagi pengetahuan Anda di bidang otomotif ya sobat.

*Dikutip dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment